Sabtu, 18 Oktober 2014

Wajah Baru Dominasi Kursi DPRK Aceh Barat


categories: 
Gedung DPRK Aceh Barat (2014)
MEULABOH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, Selasa (22/4) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB berhasil menuntaskan rekapitulasi suara dari 12 kecamatan di wilayah itu. Rekap suara hasil Pemilu untuk DPRK, DPRA, DPD, dan DPR RI yang dimulai Senin jelang siang di gedung DPRK Aceh Barat mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian guna menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Berdasarkan hasil rekapitulasi 12 kecamatan yang dibagi dalam 5 daerah pemilihan (dapil), suara untuk DPRK terbanyak diraih Partai Amanat Nasional (PAN). Sedangkan Partai Aceh (PA) unggul untuk kursi DPRA. Kendati begitu, prediksi perolehan kursi untuk DPRK Aceh Barat baik PAN maupun PA sama banyak, masing-masing 5 kursi.

Proses rekapitulasi suara di gedung dewan berlangsung lancar dan tidak ditemukan hal yang menganggu. Proses rekapitulasi yang terbagi 5 dapil itu dengan sudah jelas perolehan suara maka sudah dapat diprediksi peraih kursi terutama untuk DPRK Aceh Barat periode 2014-2019 yakni PAN mendapat 5 kursi, PA 5 kursi, Golkar 4 kursi, Demokrat 4 kursi, PPP 3 kursi, sedangkan PKS, PDIP, Nasdem dan PKB masing-masing memperoleh 1 kursi.

Sementara berdasarkan data diperoleh, orang-orang yang terpilih kembali sebagai anggota DPRK Aceh Barat untuk periode 2014-2019, hanya 7 orang dari 25 kursi dewan. Yakni Herman Abdullah (Demokrat), Masrizal (PKS), Ramli (PAN), Bustan Ali (PDIP), Nasri (PKB), Nurhayati (PA), dan Syarifuddin Uhat (PPP). Sedangkan yang lainnya adalah wajah-wajah baru.

Ketua KIP Aceh Barat, Bahagia Idris didampingi anggota KIP Marzalita, dan Sabki Mustafa Habli kepada Serambi, Selasa kemarin mengatakan, proses rekapitulasi tingkat kabupaten berlangsung lancar dan sudah tuntas. Terhadap hasil rekap juga sudah diteken yang tersebar dari 5 dapil. Namun diakuinya hanya saksi PAN untuk dapil 3 yang tidak bersedia meneken. “Terhadap hasil rekap ini akan diteruskan ke KIP Aceh,” katanya.

Diakui Bahagia, hasil ini akan dilakukan rekap lanjutan untuk DPRA di KIP Aceh dan seluruh anggota KIP sudah bertolak ke Banda Aceh pada Selasa siang. “Sedangkan penetapan calon terpilih akan dilakukan secara nasional setelah semua tuntas,” katanya. Sesuai jadwal, KIP Aceh Barat merencanakan penetapan calon terpilih pada 12 Mei mendatang. Sedangkan pleno yang dilakukan ini adalah rekap suara hasil Pemilu.(riz)